Saturday 11 March 2017

ITINERARY (Rencana Perjalanan) Ibadah Umrah Paket 9 Hari JEMAAH SMS FINANCE

ITINERARY
 Rencana Perjalanan Umrah  9 Hari
GROUP TAZA TOUR
BERSAMA
SMS FINANCE INDONESIA


Mukadimah
Alhamdulillah, Segala puji bagi Allah SWT atas segala karunia dan nikmatnya, Shalawat serta salam tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.
Terimakasih atas kepercayaan Bapak / Ibu, Saudara/i sekalian untuk melaksanakan ibadah Umrah ke Tanah Suci Bersama kami. Semoga Bapak/Ibu, Saudara/i sekalian menikmati ibadah umrah ini serta mendapat kepuasan ibadah serta palayanan dari kami.

Berikut adalah rencana perjalanan ibadah Umrah.
Hari 1 : 14 Maret 2016
Jemaah tiba dan berkumpul di Hotel sekitar Bandara untuk melaksanakan manasik dan pelepasan jemaah oleh SMS Finance.

Hari 2 : 15 Maret 2016
Jakarta – Kualalumpur – Jeddah – Madinah
Jam 06.00 WIB, jemaah check out dari hotel, menuju Bandara International Soekarno Hatta, lalu berkumpul di terminal 2D. Setelah siap, rombongan berangkat menuju Kualalumpur dengan Pesawat Malaysia Airlines MH712, Take off jam 09.55 WIB, lalu transit di Kualalumpur. Tiba di Kualalumpur jam 12.55 Waktu setempat. Dari Kualakumpur menuju Jeddah menggunakan Malaysia Airlines MH150 jam 15.00 Waktu setempat, tiba di Jeddah jam 19.30 Waktu Arab Saudi. jama’ah akan langsung meninggalkan Bandara King Abdul Azis di Jeddah menuju Madinah Al-Munawaroh. Perjalanan Insya Allah akan ditempuh dalam waktu 6 jam. Tiba di Madinah langsung masuk ke kamar hotel masing-masing untuk beristirahat dan shalat subuh.

Hari 3 : 16 Maret 2016
Madinah
Jam 8 setelah sarapan pagi, jamaah akan berkumpul di lobby hotel untuk kemudian bersama-sama berziarah ke Makam Baqi yang berada di samping Masjid Nabawi.Makam Baqi adalah, tanah perkuburan di Madinah yang sudah ada semenjak zaman jahiliyyah. Disinilah Kemudian diantara putra-putri Nabi yang di makamkan di Baqi adalah, Ibrahim, Fatimah, Zainab, Ummu Kulsum dan Ruqayyah.
Kemudian jamaah kembali ke Masjid Nabawi untuk melaksanakan shalat dzuhur, ashar, maghrib dan dilanjutkan dengan shalat isya Berjamaah.
Setelah shalat isya dan makan malam, jamaah akan di pandu untuk berziarah ke makam Rasulullah SAW dan Raudhah.
Makam Rasulullah SAW berdampingan dengan Raudhah. Raudhah adalah tempat yang terletak di antara kamar Rasulullah SAW dengan mimbar Masjid Nabawi. Namun, kamar Rasulullah SAW kini menjadi makam beliau. Raudha termasuk tempat yang mustajabah, sebagaimana sabda Rasulullah SAW Raudhah adalah taman di antara taman-taman di surga. (al-Hadits)
Setelah itu, jamaah kembali ke hotel untuk beristirahat.


Hari 4 : 17 Maret 2016
Madinah
Jam 8 setelah sarapan pagi, jamaah berkumpul di loby hotel untuk mengikuti ziarah di kota Madinah dan beberapa tempat bersejarah di sekitar kota Madinah, diantaranya: Jabal Uhud, Masjid Quba, Masjid Qiblatain, Kebun Kurma, dan Jabal Magnet.
Jabal Uhud adalah lokasi peperangan Uhud. Masjid Quba adalah masjid yang pertama kali dibangun Rasulullah SAW di Madinah. Dalam Hadits di riwayatkan Barangsiapa yang bersuci dari rumahnya kemudian menuju Masjid Quba dan shalat dua rakaat, maka pahalanya sama dengan umrah. (HR Tirmidzy).
Sedangkan Masjid Qiblatain adalah Masjid yang mempunyai dua qiblat. Di Masjid Qiblatain inilah, Allah SWT menurunkan wahyu-Nya kepada Rasulullah SAW di saat beliau melaksanakan shalat Fardhu. Perintah-Nya adalah agar kaum muslimin merubah qiblat dari Baitil Maqdis (Palestina) berpaling menghadap ke Baitil Haram (Makkah).
Allah SWT Berfirman:
Palingkan mukamu ke Masjidil Haram. (Al-Baqarah: 144)
Jabal Magnet adalah, pegunungan batu yang dikelilingi gurun pasir dan mengandung sumber magnetis yang sangat besar.
Jarak antara Jabal Magnet dengan Masjid Nabawi sekitar 48 km. Jamaah akan melihat Allah SWT yg berupa tulisan di atas gunung dengan lafadz ALLAH.
Diperkirakan ziarah akan selesai sekitar jam sebelas siang dan setelah itu kembali ke hotel dan bersiap untuk mengikuti shalat Dzuhur berjamaah di Masjid Nabawi. Selesai shalat Dzuhur jamaah kembali lagi ke hotel untuk menikmati makan siang.
Begitu juga dengan shalat Ashar, Maghrib dan Isya jamaah akan melaksanakannya berjamaah di Masjid Nabawi.
Malam hari sebelum tidur, jamaah diharap untuk mengemasi koper dan seluruh barang bawaan, karena esok harinya jamaah akan meninggalkan Madinah al-Munawwarah menuju Makkah al-Mukarramah.




Hari 5 : 18 Maret 2016
Madinah – Makkah
Setelah sarapan pagi, jama’ah dimohon untuk mengeluarkan koper dari kamar masing – masing untuk diangkut ke bagasi bus oleh petugas. Jam 1 siang setelah solat jumat, jama’ah check out dari hotel Madinah dan menuju Makkah Al-Mukarromah.
Perjalanan dari Madinah menuju Makkah memakan waktu sekitar 6 jam. Dalam perjalanan menuju Makkah, jama’ah akan berhenti di masjid BIR ALI untuk mengambil miqot Umrah. Setelah sampai di Makkah, jamaah segera memasuki kamar hotel masing – masing untuk beristirahat sejenak. Setelah makan dan istirahat secukupnya, jama’ah dimohon memperbaharui wudlu dan bersiap untuk melaksanakan umrah yang pertama kali. Setelah selesai umrah, jamaah kembali ke hotel kemudian Istirahat.

Hari 6 : 19 Maret 2016
Makkah
Menjelang Adzan Subuh, Jamaah bersiap untuk shalat berjamaah di Masjidil Haram. Setelah shalat subuh, jamaah dianjurkan untuk beritikaf di Masjidil Haram sampai menjelang waktu dhuha dan melaksanakan shalat Dhuha.
Barang siapa yang shalat Subuh berjamaah, kemudian ia berdzikir sampai terbit matahari dan shalat dhuha dua rakaat, maka pahalanya seperi haji dan umrah. (Hadits Shahih).
Setelah itu, jamaah mengikuti kegiatan rutin, yaitu shalat lima waktu di Masjidil haram.

Hari 7 : 20 Maret 2016
Makkah
Jam 8 setelah sarapan pagi, jamaah bersiap untuk mengikuti ziarah di beberapa tempat brsejarah di Makkah, diantaranya adalah Jabal Tsur, Jabal Nur, Jabal Rahmah, Padang Arafah, Muzdalifah, Mina, dan Jahronah.
Jabal Tsur adalah gunung yang puncaknya terdapat gua yaitu Gua Tsur. Di Gua Tsur inilah dahulu Rasulullah SAW bersembunyi bersama Abu Bakar dari kejaran orang-orang Kafir Quraisy ketika berhijrah dari Makkah menuju Madinah.
Jabal Nur adalah gunung yang puncaknya terdapat gua yaitu Gua Hiro. Di Gua Hiro inilah dahulu Rasulullah SAW menerima wahyu dari Allah SWT yang pertama kali yaitu:
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (al-Alaq: 1 - 5)
Jabal Rahmah adalah bukit kecil yang menjadi tempat bertemunya nabi Adam dan Siti hawa setelah turun dari Surga. Mereka bertemu di puncak bukit ini setelah ratusan tahun lamanya dipisahkan oleh Allah SWT.
Padang Arafah adalah gurun Sahara yang menjadi tempat berkumpulnya seluruh kaum muslimin sedunia. Ketika melaksanakan ibadah Haji, mereka akan berwukuf di Arafah.
Muzdalifah dan Mina adalah tempat mabit para jamaah haji. Di muzdalifah ini, jamaah hajji disunnahkan memungut kerikil yang nanti akan di gunakan untuk melempar jumrah. Yaitu, Jumrah Ula, Wustho dan Aqobah.
Setelah sampai Jahronah, jemaah mengambil miqot untuk melaksanakan umrah ke dua.
Setelah selesai berziarah dan melaksanakan umrah ke dua, jamaah kembali ke hotel untuk bersiap ke Masjidil Haram melaksakanan shalat Dzuhur dan makan siang.
Adapun waktu Ashar, Maghrib dan Isya, akan digunakan untuk shalat berjamaah di Masjidil Haram. Setelah shalat Isya, jamaah kembali ke hotel untuk makan malam dan beristirahat.

Hari 8 : 21 Maret 2016
Makkah
Memperbanyak ibadah di Mesjidil Harom, apabila memungkinkan dengan melihat kondisi jemaah, setelah solat berjamaah ashar akan melaksanakan umrah ke tiga dengan mengambil miqot di Mesjid Tan’im.
Mesjid Tan’im adalah miqot yang jaraknya paling dekat dengan mesjidil Harom. Para jemaah haji maupun umrah, sering memanfaatkan waktu luang mereka untuk berumrah sunah dengan mengambil miqot di Tan’im ini.
Malam sebelum tidur, jemaah diharapkan mengemasi seluruh barang bawaan dan koper masing-masing. Karena esok harinya akan meninggalkan Makkah Al Mukarromah menuju Jeddah dan sebelum solat subuh, koper dan barang bawaan sudah disimpan depan kamar masing-masing.

Hari 9 : 22 Maret 2016
Makkah – Jeddah – Jakarta
Setelah solat berjamaah subuh, jemaah langsung melaksanakan towaf wada. Lalu sarapan, dan naik bus menuju Jeddah.
Di Jeddah jamaah akan mengikuti Citi Tour. Beberapa tempat yang akan dikunjungi di Jeddah yaitu; Laut Merah, Masjid Terapung, Masjid Qisos, Makam Ibu Hawa dan Cornice.
Laut Merah, yaitu laut yang dahulu dibelah oleh Nabi Musa dengan tongkatnya dan tempat tenggelamnya raja Firaun.
Masjid Terapung, masjid ini terletak di tepi laut merah dan bila air laut sedang pasang, maka masjid ini benar-benar seperti mengambang di atas laut.

Masjid Qishos, Arab Saudi termasuk salah satu Negara yang menjalankan hukuman pancung bagi pelaku kriminal tingkat tinggi, seperti Pembunuhan. Hukuman ini dilaksanakan di tempat umum yaitu tepatnya di halaman Masjid Qishos ini setelah selesai shalat Jumat.
Makam Ibu Hawa, sebagian sejarawan mengatakan bahwa makam ibu Hawa terletak di Jeddah, kita akan menyempatkan untuk menziarahinya walaupun hanya sebentar.
Cornice adalah pusat perbelanjaan terbesar di Jeddah.
Setelah selesai Citi Tour, jamaah akan langsung ke Bandara International King Abdul Aziz atau terminal Haji Jeddah untuk check in bandara dan bersiap menuju jakarta menggunakan pesawat GARUDA INDONESIA GA981 yang akan take off pukul 19.30 WAS.

Hari 10 : 23 Maret 2016
Tiba di Jakarta
Seluruh Jamaah Insya Allah sampai di Bandara Internasional Soekarno Hatta jam 09.20 WIB.
Semoga seluruh jamaah pulang dengan selamat dan mendapat pahala umrah yang makbul serta seluruh doa dikabulkan oleh Allah SWT. Dan semoga seluruh jamaah mendapat panggilan kembali mengunjungi Baitullah bersama kami. Amiiin.

Insya Allah Tiba di Bandara Soekarno – Hatta  dengan selamat. Dengan mengucapkan Alhamdulillah Kita sampai di Tanah Air. Terima kasih telah mempercayakan PT. Taza Mulia Barokah sebagai agen perjalanan anda. Semoga Ibadah Umroh kita Mabrur. Aamiin.

No comments:

Post a Comment

New Populer