Monday 6 March 2017

JEDDAH MADINAH MEKKAH

Kota Madinah

Salah satu kota suci bagi umat Islam adalah kota Madinah.  Dalam sejatrah, Madinah adalah kota Islam pertama. Selain itu, Madinah juga tempat hijrah Rasulullah dengan sahabatnya, yaitu tembat beliau berjuang untuk islam hingga beliau wafat. Di sanalah beliau dimakamkan dan dari sana juga beliau kelak akan dibangkitkan.


Sebelum bernama Madinah, Madinah bernama Yatsrib sampai pada saatnya Rasulullah SAW mengubahnya menjadi Madinah.  Dahulu–sebelum datangnya Rasul– kota Yatsrib terkenal dengan kota yang kumuh dan menjadi sarang penyakit. Dalam sebuah riwayat Aisyah RA berkata, “Ketika kami masuk, madinah adalah negeri tempat bersarangnya penyakit, lalu Rasulullah SAW berdoa, ‘Ya Allah, berilah kecintaan kami kepada Madinah, sebagai mana engkau berikan kecintaan kepada Mekah, atau lebih dari itu, dan bersihkanlah ia serta berkatilah kepada kami dalam makanan dan bekalnya, dan gantilah wabah penyakitnya dengan juhfah’.” (HR. Bukhari & Muslim)
Setelah Rasulullah SAW mengubah Yatsrib dengan Madinah, Rasulullah melarang menyebut Madinah dengan nama lamanya Yatsrib, karna itu adalah nama jahiliyyah. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa menamai Madinah dengan Yatsrib, hendaklah ia memohon ampun kepada Allah”. Menurut Ibn Hajar alasan dilarangnya menyebut Madinah dengan nama Yatsrib karena kata tersebut bisa bermakna “Tatsrib” yang memiliki makna menjelek-jelekkan, atau juka bisa bermakna “tsarab” yaitu rusak,  sedangkan Rasulullah SAW lebih suka dengan nama yang baik.
Di kota madinah, amalan ibadah diganjar berlipat ganda dari pahala amalan di tempat biasa. Selain itu Raudhah yang terdapat di masjid Nabawi akan menjadi saksi bagi setiap orang yang mendirikan shalat di sana.

Keistimewaan lain dari kota Madinah adalah kurmanya yang sering disebut sebagai kurma ajwa’ . Dalam sebuah riwayat Rasulullah SAW menjelaskan bahwa memakan kurma ajwa’ akan menghindarkan dari racun dan sihir.  “Barang siapa di waktu pagi memakan tujuh butir kurma dari kedua labah (yaitu batas Madinah dari sebelah timur dan barat), ia tidak akan kena racun hingga waktu sore”. (HR. Muslim). Di riwayat lain dikatakan, “Barangsiapa di waktu pagi memakan tujuh butir kurma ajwa, pada hari itu ia tidak akan kena racun maupun sihir” (HR. Bukhari)
Rasulullah SAW secara pribadi pernah mendoakan kota Madinah secara khusus. Beliau berdoa, “Ya Allah, sesungguhnya Ibrahim  telah mensucikan Mekah dan berdoa bagi penduduknya, maka sesungguhnya aku pun telah mensucikan Madinah sebagaimana Ibrahim telah mensucikan Mekah” (HR. Bukhari & Muslim)

Diriwayat lain Rasulullah SAW pernah bersumpah, “Demi Dia (Allah) yang menggenggam jiwaku, tidaklah ada suatu lembah (di Madinah ini) maupun tempat yang terbuka melainkan padanya terdapat dua malaikat yang menjaganya hingga kamu sampai padanya”. Hadits tersebut menerangkan bahwa kota Madinah senantiasa dijaga oleh malaikat yang khusus ditugaskan oleh Allah SWT.
Maka dari itu, beruntunglah orang-orang yang diberi kemuliaan oleh Allah dengan berkunjung ke kota Madinah. Allah telah memberi kesempatan kepadanya tidak hanya shalat di Masjid Nabawi yang keutamaannya seperti 1000 shalat di dalam masjid lain, tetapi lebih dari itu, Allah SWT memberi kita kesempatan untuk menziarahi makam Rasulullah SAW.

Kota Mekkah
Travel Umroh dan Haji Taza Tours, Tasikmalaya – Secara geografis, kota Mekah terletak di bagian barat Saudi Arabia yang kebanyakan tanahnya berupa pegunungan, terutama di sekitar ka’bah. Daerah yang berada dibagian timur masjidil haram disebut Ma’la, dan di barat daya ada daerah Misfalah. Rasulullah SAW sendiri adalah warga daerah Ma’la, karna beliau berdimisili di sana sebelum hijrah ke madinah. Di sana juga terdapat kompleks makam yang sangat terkenal dengan sebutan Makam Ma’la. Menurut riwayat salah seorang istri tercinta Rasulullah SAW di makamkan di sana, yaitu Sayyidah Khadijah.

Untuk menuju ke Kota Mekah terdapat tiga pintu utama, pertama adalah Ma’la (disebut juga Hujun), kedua Misfalah dan ketiga Syubaikah. Sejak diciptakannya bumi, Allah telah menyucikan Kota Makkah dan daerah sekitarnya.Nabi Ibrahim disebut sebut sebagai orang yang pertama kali meletakkan batas batas Tanah Suci Makkah. Diriwayatkan bahwa malaikat Jibril menyuruh nabi Ibrahim untuk menandai batas-batas Tanah Suci Makkah dengan cara meletakkan batu-batu. Batas-batas tadi memisahkan kawasan Tanah Suci Kota Mekah dengan daerah lainnya. Panjangnya sekitar 127 km, dan luasnya kurang lebih 550 km persegi.

Diantara keutamaan-keutamaan kota Makkah ialah: (1) tempat dibangunnya Baitullah; (2) kota kelahirab Rasulullah SAW; (3) diwajibkannya bagi yang mampu untuk mengunjuginya; (4) Allah menjadikannya tanah suci dan dilarang adanga pertumpahan darah di dalamnya; (5) tempat untuk menghapus dosa-dosa yang lampau; (6) disyariatkannya thawaf di kabah yang berada di dalamnya; (7) tempat yang tidak boleh seseorang memasukinya kecuali dengan hati yang khusy’ dan menanggalkan segala perhiasan dunia. Dan masih banyak keutamaan-keutamaan yang lain.
Itulah Makkah, di sanalah Allah meletakkan tempat-tempat mustajab bagi mereka yang mereka ingin berdoa, semisal Multazam, Maqom Ibrahim, Hijir Ismail, Hajar Aswad, Rukun Yamani, juga padang Arafah. Dalam sebuah riwayat Rasulullah SAW bersabda, “Doa yang paling utama adalah doa pada Hari Arafah. Dan perkataan yang paling utama yang aku dan para nabi sebelumku selalu mengucapkannya adalah La ilaha illallah, wahdahu la syarika lahu” (HR. Malik dan Tirmidzi)
Di sanalah pahala bagi kebaikan dilipatgandakan, sebagaimana balasan bagi perbuatan kelek juga dilipatgandakan. Lebih dari itu, Allah SAW sering bersumpah dengan Kota Suci ini, dan melarang orang-orang kafir untuk masuk ke dalamnya. “Aku (Allah) benar-benar bersumpah dengan kota ini (Makka) dan kamu (Muhammad) bertempat di kota Mekkah ini”
Untuk pilihan Paket Umroh dan Haji Khusus, pastikan perjalanan ibadah Umrah & Haji anda bersama Taza Tours & Travel istiqomah mengemban amanah membantu tamu alloh menuju baittulah, Segera Hubungi 081312866668, atau kirimkan data diri ke email kami tourstaza@gmail.com dan bisa menghubungi infomasi pendaftar di daerah kabupaten kota sepulau jawa, sumatra, kalimantan, lombok & malaysia.

budayakan teliti sebelum menunaikan ibadah ke tanah suci !!!









No comments:

Post a Comment

New Populer